SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENETUAN HASIL PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR STASIUN KARANTINA PERTANIAN KELAS I PAREPARE MENGGUNAKAN SOP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andi Kodratul Syafar
Najirah Umar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Merancang dan membuat sistem yang dapat digunakan untuk menentukan hasil penilaian indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada stasiun karantina pertanian kelas I pare-pare, (2) Menerapkan metode IKM yang telah ditentukan oleh kementerian untuk mengukur nilai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare sebagai unit pelayanan yang sudah menerapkan Standar Pelayanan Publik yang selanjutnya standarpelayanan. Upaya peningkatan kualitas harus dilaksanakan secara bersama-sama, terpadu, terprogram, terarah dan konsisten dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat. Proses penyusunan IKM membutuhkan waktu yang cukup lama selama 3 bulan dalam pengisian kuesioner, maka dalam penyusunan IKM tersebut masih memiliki kendala seperti memakan banyak waktu untuk menyebarkan kuesioner disetiap wilayah kerja dan pengembalian kuisionar ketim penyusun tidak tepat waktu serta pengolahan datanya yang masih dilakukan secara manual dan hasil yang akan di dapatkan tidak relevan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem penilaian indeks kepuasan masyarakat dapat dilakukan dengan cepat dan akurat karena pengisian kuisioner menggunakan sistem website. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode black box testing dan dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##