IMPLEMENTASI CRM DAN METODE USG PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Seni Asria
Arnida Arnida
Asmal Asmal

Abstract

CRM (customer relationship management) atau manajemen rantai pasok merupakan suatu konsep pemasaran modern yang berorientasi kepada Pelanggan yang didalamnya terdapat 3 proses penting dalam bisnis yaitu proses GET, KEEP, dan GROW. Ketiga proses tersebut akan diterapkan pada Penjualan arang yang selama ini berjalan masih menggunakan cara konvensional baik itu dalam hal penjualan dan pemesanan, pengelolaan pelanggan, dan pengelolaan persediaan.  Penjualan juga masih melakukan promosi malalui mulut ke mulut sehingga jangkauan promosi dan penjualan masih terbatas dan belum bisa meluas.  Disamping itu penjual tidak mempunyai catatan pasti mengenai pemasukan penjualan serta belum bisa memprioritaskan penjualan arang kepada pelanggan apabila menghadapi situasi status stok arang yang terbatas.  Oleh karena itu penelitian ini bertujuan, (1) Merancang system informasi pemesanan arang berbasis web dengan menerapkan konsep CRM dan metode USG. (2) Mengimplementasikan sistem informasi pemesanan arang berbasis web dengan menerapkan konsep CRM dan metode USG. Pada penelitian  ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan  cara observasi, literasi, dan wawancara.  Perancangan system yang digunakan adalah UML (Unified Modeling Language), bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan MySql  sebagai databasenya.  Sedangkan untuk mengelolah pelanggan menerapkan konsep CRM serta penentuan skala prioritas menggunakan metode USG.  Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berupa “Implementasi CRM dan Metode USG pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web”.  Dengan adanya penjualan yang berbasis website ini dan dengan dukungan penerapan CRM dan metode USG maka system ini  dapat membantu penjual arang dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##